Rabu, 09 Desember 2009

TEORI TUJUAN, SASARAN DAN HASIL PEMBELAJARAN

TEORI TUJUAN, SASARAN DAN HASIL PEMBELAJARAN


Teori Tujuan Menurut :

  1. Adam (2004) adalah berkenaan dengan pengajaran dan tujuan pengajar, sedangkan hasil pembelajaran berkenaan dengan pembelajaran.
  2. Moon (2002) Menyaranan bahwa salah satu cara membedaan antara tujuan dari hasil pembelajaran adalah tujuan pembelajaran menunjukan isi atau muatan, arahan dan maksud yang umum dari modul atau sudut pandang perancang pembelajaran atau guru.

Sasaran pembelajaran:

  1. Menurut Universitas Charles Sturt (2004), sasaran pembelajaran berarti apa yang dipelajari oleh siswa dalam bentuk yang nyata dan khusus. Pernyataan tersebut menunjukkan apa yang harus dapat dilakukan atau dimengerti oleh pembelajar sebagai hasil dari pembelajaran dan sebagai hasil dari kerja kerasnya dalam menerima materi dalam proses pembelajaran.
  2. Menurut Universitas Staffordshire memberikan pengertian secara umum:
    • Sasaran adalah gambaran yang diharapkan yang tertulis dalam istilah khusus, digambarkan dalam :
    • Apa yang akan dilakukan
    • Kapan.
    • Menggunakan apa (sumber, peralatan, fasilitas)
    • Dengan standar apa

Perbedaan antara tujuan dan sasaran :

1. Pengertian tujuan dan sasaran sering kali membingungkan, Universitas Nottingham fakultas Kedokteran mencatat:

· tujuan adalah pernyataan umum yang meliputi semua tujuan akhir dari tujuan pembelajaran.

· Sedangkan sasaran adalah tingkatan yang harus dicapai individu sebagai pembelajar dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Pengertian Hasil :

1. Menurut Universitas Warwick (2004) ;

2. Hasil merupakan ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki siswa setelah menyelesaikan pelajaran. Hasil pembelajaran dibagi dalam 4 katagori :

· Pengetahuan dan pemahaman subyek.

· Ketrampilan khusus subyek adalah ketrampilan berguna atau praktis, berguna untuk melengkapi pelajaran, seperti ketrampilan laboratori, ketrampilan bahasa, ketrampilan penyuluhan.

· Ketrampilan kognitif, ketrampilan intelektual misalnya pemahaman tentang metodologi, memadukan ,evaluasi atau kemampuan dalam analisis kritis.

· Kunci ketrampilan adalah ketrampilan yang mudah atau siap untuk ditransfer kepada pekerja dalam konteks yang berbeda seperti komunikasi tulisan dan lisan, berbeda dalam sebuah tim, memecahkan masalah, ketrampilan informasi teknologi dan perhitungan atau angka.

Hasil Pembelajaran:

1. Menurut Adam (2004) sebuah hasil pembelajaran adalah pernyataan tertulis tentang apa yang diharapkan siswa atau pembelajar yang sukses dapat dilakukan di akhir unit kursus atau modul atau kualifikasi.

2. Menurut Universitas Exeter (2004) ;

3. Hasil pembelajaran adalah ekspresi dari apa yang akan ditunjukkan pada akhir pembelajaran yang sukses dari sebuah modul.

· Tergantung pada level pembelajaran.

· Menunjukkan keuntungan dari pengetahuan dan keterampilan yang akan dicapai siswa.

· Harus dapat dinilai.

4. Menurut UMIST (2001) ;

· Hasil pembelajaran sebagai kemahiran dalam pengetahuan , keterampilan / pemahaman yang menjadi keinginan dari hasil proses pembelajaran.

5. Menurut ECTS (EU,2004) ;

· Hasil pembelajaran adalah pernyataan dari apa yang diharapkan pembelajar untuk tahu, dan atau mampu tunjukkan setelah selesainya proses pembelajaran.

Kesimpulan

1. Tujuan adalah sesuatu yang diharapkan akan dicapai oleh siswa pada akhir pembelajaran

2. Sasaran adalah suatu ketrampilan atau pengetahuan yang dikuasai siswa.

3. Hasil pembelajaran adalah ekspresi yang ditunjukkan oleh siswa yang dapat diukur setelah melalui proses pembelajaran

4. Dalam proses pembelajaran, tujuan, sasaran dan hasil pembelajaran saling berkaitan antara satu dengan yang lain.

5. Perumusan tujuan dan sasaran yang tepat akan mempengaruhi hasil pembelajaran.

6. Sasaran merupakan tujuan yang lebih spesifik yang merupakan bagian dari tujuan pembelajaran.

7. Tujuan, sasaran dan hasil pembelajaran seringkali digunakan dalam pengertian yang sama meskipun pada prakteknya berbeda. Sehingga seringkali terjadi kerancuan makna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar